Rabu, 06 Mei 2009

apa sebenarnya identitasmu???


dua hari kemarin, tepat di hari senin dan selasa, saya sempatkan mengikuti satu event yang rrrruuuuar biasa... tajuk dari acara itu pun bikin merinding pengen nimpuk. hahaha... sangking nggak sabarnya pengen tau, wot hepen in this iven yes??? adda apa sebenarnya yang bakal terjadi. otomatis, banyak persepsi yang bermunculan.


ada salah satu permainan dalam seminar ini yang cukup menggelitiki tubuh saya. sang trainer--yang ternyata adalah seorang pengusaha muda sukses sealmameter lho sama saya (hahaha g penting jg si), bernama Happy Trenggono, menyuruh dua orang peserta maju ke depan. disediakan dua toples bertuliskan "kopi" dan "gula"dan juga dua wujud barang yang sama seperti tulisan di toples.


tugas dua kisanak yang maju mudah saja, hanya memasukkan masing-masing barang ke toplesnya. terserah, kemana aja mau dimasukkan. peserta pertama mengambil kopi, melepas bungkusnya, dan menaburkan isi kopi coklat itu ke dalam toples berlebel "kopi". sedang yang satu, tanpa membuka kantong gula, dia langsung aja masukin sugar yang masih terbungkus ke toples yang ada tulisannya "gula". saia pikir, ini yang bakal jadi masalah atau inti dari game nya, ternyatasalah!!!!

pak Heppy bertanya, kenapa mereka masukin gula ke toples gula, dan kopi ke kopi??? boleh kan kalo kopi itu dimasukkan ke gula,dan gula dimasukkan ke kopi??? lalu, pak Happy menanyakan, kenapa???? ada yang njawab karna labeling/ merk, kebiasaan, petunjuk dsb. bisa menangkap nggak hikmah dari permainan itu???

disebutkan bahwa kita sebagai manusia mesti punya identitas. karena identitas itu menentukan apa yang ada di dalam. toples bertuliskan gula merefleksikan bahwa di dalam toples itu berisi gula. makanya, penting bagi kita menentukan identitas diri. misal identitas kita adalah seorang yang pemalas, maka yang ada di dalam diri kita juga ciri-ciri pemalas, habitnya pun gitu, jarang mandi lah, klunthak-klunthuk, pah-poh,lhak-lhok, ledha-ledhe rak karuan.

tadinya, saia agak g sepakat si, umumnya kan pepatah bilang bahwa "don't judge the book from the cover" ya.... tapi ternyata penting juga mengeksistensikan diri, siapa kita sebenarnya, apa yang kita inginkan, lebel apa yang pengen kita tunjukkan untuk mewakilkan sifat-sifat kita.

halah, mutar-muter wae ki nulise... maka dari itu gaiz,,, pesen di game itu adalah meyakinkan lagi siapakan diri kita, agar tujuan kita hidup disini juga jelas. beberapa contoh identitas yang mungkin sama :
1. orang sukses
2. orang kaya
3. pemimpin masa depan
4. penulis handal
5. aktor kawakan
6. pelawak
7. berkharisma
8. pengusaha sukses

dan lain-lain.... silahkan diisi sendiri untuk menentukan langkah anda selanjutnya. misal labelnya adalah orang kaya,ya berhabitlah selayaknya orang kaya, niscaya anda akan menjadi orang kaya. ohya, biasanya pelebelan/pengidentitasan ini didasarkan pada mimpi-mimpi terpendam. taaaaaaapi, kenyataan itu nantonya bakal terwujud kalo melakukan usaha-usaha yang mendekati pada status/ label/ atau identitasnya tadi.....


so, apa identitasmu sekarang?????

2 komentar:

Monggo Komentar Anda!